Senin, 18 November 2013

Seberapa Pentingkah Ijasah?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Pidato Larry Ellison, CEO oracle saat diundang pada wisuda Universitas Yale tahun 2000 (pada saat mana beliau pada tahun itu adalah terkaya nomor 2, dibawah Bill gate).
” Lulusan Yale University, saya minta maaf bila anda telah mengalami prolog seperti sebelumnya, namun saya ingin anda melakukan untuk diri anda sendiri. Tolong lihatlah disekeliling anda dengan baik. Lihatlah teman sebelah kiri anda. Lihatlah teman sebelah kanan anda. Sekarang pikirkan ini : 5 tahun dari sekarang, 10 tahun dari sekarang, bahkan 30 tahun dari sekarang. Kemungkinannya adalah orang yang disebelah kiri anda akan menjadi pecundang. Orang disebelah kanan anda juga akan menjadi pecundang. Dan anda di tengah ? Apa yang anda harapkan? Pecundang, pecundang, cum laude pecundang.

Nyatanya, ketika saya melihat ke hadapan saya sekarang, saya tidak melihat seribu harapan untuk masa depan yang cerah. Saya tidak melihat pemimpin masa depan dalam seribu industri. Saya melihat seribu pecundang. Anda kesal. Itu bisa dimengerti.Bagaimanapun, bagaimana saya, Lawrence’Lerry’ Ellison, seorang yang droup out dari kampus, memiliki keberanian untuk mengatakan omong kosong ini pada salah satu institusi paling bergengsi bangsa ini.? Akan saya katakan sebabnya. Karena saya  Lawrence’Lerry’ Ellison, orang terkaya di planet ini adalah seorang yang drop out kuliah.
Karena Bill Gate, manusia terkaya di planet saat ini adalah juga drop out kuliah, dan anda tidak.Karena Paul Allen, orang ketiga terkaya di planet ini, keluar kampus dan anda tidak.Dan berikutnya,
Karena Michaell Dell, no.9 dari daftar dan bergerak cepat, adalah drop out kampus. Dan sekali lagi anda tidak.Hmm…..anda sangat kesal. Itu bisa dimengerti. Jadi biarkan saya mengelus ego anda dengan jujur menunjukkan, dengan jujur, bahwa diploma anda tidak diperoleh dengan percuma. Kebanyakan dari anda, saya percaya menghabiskan empat sampai lima tahun di sini, dan dalam banyak hal apa yang anda pelajari dan alami akan berguna bagi anda di tahun mendatang. Anda telah membuat kebiasaan kerja yang baik. Anda telah membuat jaringan orang yang akan membantu anda di jalan. Dan anda telah membuat apa yang akan menjadi hubungan seumur hidup dengan kata “tetapi”.
Semua itu tentu saja baik. Karena sebenarnya anda akan membutuhkan jaringan itu. Anda akan membutuhkan kebiasaan kerja yang kuat itu. Anda akan membutuhkan tetapi.Anda akan membutuhkan mereka karena anda tidak drop out, dan anda tidak akan pernah berada diantara orang terkaya di dunia.
Oh pasti, anda bisa, mungkin mendaki jalan anda ke atas ke no. 10 atau 11, seperti Steve Ballmer. Tapi kemudian saya tidak perlu mengatakan kepada siapa dia bekerja bukan? Dan, dia drop out dari serkolah persiapan. Agak ketinggalan berkembang.Akhirnya saya menyadari banyak dari anda, saya harap kebanyakan dari anda bertanya-tanya? ” Apakah ada yang bisa kulakukan? Apakah ada harapan untukku?”.
Tidak ada! Terlambat sudah. Anda telah menyerap terlalu banyak, pikiran anda tahu terlalu banyak. Anda tidak lagi 19 tahun lagi. Anda memiliki topi yang terbentuk dan saya tidak merujuk pada papan mortar di kepala anda.


Hmmm…..anda sangat kesal. Itu bisa dimengerti.Jadi ini mungkin waktunya untuk membawa garis perak. Bukan untuk anda, kelas 2000. Anda sudah dihapuskan, jadi akan saya biarkan anda mencari pekerjaan yang mengibakan, yang cek gaji anda ditrandatangani oleh teman anda yang drop out dua tahun lalu.Sebaliknya, saya ingin memberi harapan bagi semua yang masih sekolah disini sekarang. Saya katakan kepada anda, saya tidak bisa menekankan ini. Pergilah. Kemasi barang-barang anda dan idemu dan jangan kembali. Drop Out dan mulailah."

1 komentar:

  1. Wynn Slots - JTM Hub
    Enjoy all the latest 순천 출장안마 slot machines from Wynn Slots 남원 출장안마 now at JTM Hub. We 제주 출장마사지 are 충청북도 출장샵 committed to ensuring you have 제주도 출장샵 the latest and greatest slots for you.

    BalasHapus