Rabu, 12 Maret 2014

Bunga Sakura/ Blossom

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dulu ketika saya masih SD, di sudut bawah sekolah terdapat pohon rindang yang sering memekarkan bunga-bunga cantik. Pohon tersebut adalah pohon cherry blossom. Ketika mulai beranjak dewasa, seiring dengan berkembangnya tren anime, bunga sakura ikut menjadi perbincangan. Setelah saya analisa, ternyata bunga cherry blossom adalah nama lai dari bungga sakura.

Bungga ini berukuran kecil dan sangat mudah jatuh dari pohonnya. Jika ingin mengambil bungga ini tidak perlu bersusah payah memanjat pohon karena dibawah pohonnya pasti banyak bungga yang berguguran dan masih mekar. Kalaupun ingin mengambil bungga baru, cukup dengan menggoyangkan batang pohonnya saja maka akan terjadi hujan bungga sakura.


Pohon sakura sendiri memiliki bungga yang banyak dan daun yang sedikit sehingga apabila kita melihatnya dari kejauhan tampak seperti pohon berwarna merah muda.

Bungga ini berasal dari negara Jepang, dan merupakan salah satu simbol negara tersebut. Sakura sering kali dihubungkan dengan perempuan, kehidupan dan kematian. Sering juga digunakan sebagai simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Bunga ini juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.

Meskipun berasal dari Jepang, bungga ini tidak hanya ditemukan di Jepang saja (SD saya bukan di Jepang). Di negara-negara beriklim sub-tropis lainnya juga sering ditemukan bunga ini. Bahkan ada yang mengatakan bungga ini pernah tumbuh dan mekar di Indonesia (tepatnya kapan dan dimana saya kurang tahu). Saya sendiri bercita-cita untuk memiliki taman bungga sendiri di Indonesia dan berharap dapat mengembangbiakan bungga tersebut.

Terdapat beberapa jenis bunga sakura, diantaranya  Yama Sakura, Oshima Sakura, Sagura Da Nioi Sakura, Somei Yashino, Koto Hira Sakura, Ichi Hara Tora No'o, Amerika Sakura, Mikuruma Gaishi, Edo Sakura, Ichio Sakura, Chosyu Hizakura, Matsumae Hayazaki Sakura, Baigozi Juzu Kake Sakura, Kanzan Zakura, Fugenzo Sakura, Kenrokuen Kiku Zakura, Shogetsu Sakura, Gyoiko, Kanhi Zakura.

Klasifikasi Sakura:
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rasaceae
Upafamili: Pronoideae
Genus: Prunus

Pohon-pohon Sakura waktu mekarnya berbeda-beda. Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bungga sakura someiyoshinodari barat ke timur lalu utara yang disebut Sakurazensen. Dengan menggunakan peta Sakurazensen dapat diketahui lokasi bungga sakura yang sedang mekar pada waktu tertentu.

Sekian tulisan dari saya kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar