Senin, 10 Maret 2014

Pelajaran Melukis

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Menjelang akhir tahun ajaran 2013-2014 SMAN 6 Bandung, siswa-siswi kelas 12 dihadapkan berbagai macam tugas ujian praktik. Salah satu diantaranya adalah seni, dimana bagi siswa kelas 12 IPA diberikan tugas melukis di media kanvas, menggunakan cat minyak.

Sebelum lukisan di buat, terlebih dahulu kita harus membuat sketsa atau gambar lukisan dengan pensil. karena bingung ingin melukis apa saya mencari beberapa contoh lukisan di internet melalui situs Pinterest. Jika anda ingin mencoba melukis di atas kanvas tapi bingung mau melukis apa, mungkin beberapa gambar ini bisa memberikan inspirasi












Akhirnya saya memutuskan untuk melukis bunga, karena dirasa tidak terlalu sulit. Ini adalah pertama kali saya melukis di media kanvas. Kanvas yang saya gunakan berbentuk persegi, dan kuas yang saya gunakan berukuran 3 dan 7. Selain menggunakan cat minyak anda juga dapat menggunakan cat acrylic.

Perbedaan cat minyak dan acrylic:
Cat arcylic yaitu cat yang terbuat dari plastik yang mengandung polietilen kegunaan nya untuk mengeras pada saat gambar atau lukisan itu kering.
biasanya pelukis ataupun yang suka menggambar cat arcylic ini dicampur dengan cat yang berwarna lain dan di tambah air sedikit agar terlihat warna yang berbeda sesuai dengan keinginan pelukisnya.membuat cat lebih tebal, tipis, atau kering lebih lama. karena cat akrilik sangat cepat mengering.
Cat arylic ini berbagai macam bentuk seperti botol, tube atau semacamnya yang di dalamnya berupa pasta. Cat acryrilic bisa digunakan pada media kanvas, kain, kayu, bahkan dinding.bisa juga digunakan untuk melukis dinding.
Cat minyak yaitu terbuat dari partikel-partikel pigmen warna yang disuspensi dengan media minyak. Berbeda dengan cat arcylic yang mudah cepat mengering namun cat minyak sangat lama mengering membutuhkan waktu beberapa hari.
Cat Minyak ini memberi efek cerah yang sangat bagus pada suatu gambar ataupun lukisan serta memberikan tesktur yang sangat bagus, terlebih kita tau bagaimana cara pemakaiannya benar.  Cat minyak ini sangat tahan lama ataupun awet namun sangat mengengat bau dari cat ini. membutuhkan waktu lama untuk menghilangkan bau cat ini. 

Ini adalah pertama kali saya melukis di atas kanvas dan bagi saya sangat menyenangkan. Mungkin nanti setelah ujian saya akan membeli kanvas lagi dan menghabiskan cat yang masih tersisa. Terima kasih telah membaca tulisan ini.


1 komentar:

  1. terimakasih untuk informasinya,sangat menarik
    kebetulan saya baru saja menghadapi ujuan praktik seni rupa dengan media yang sama yaitu kanvas
    terimakasih blog ini sangat membantu

    BalasHapus